Sunday, July 7, 2013

SILABUS PEMBELAJARAN BTQ KELAS IX SMT I


Nama Sekolah                     :  MTs. Negeri Cisontrol
Mata Pelajaran                    :  Mulok Baca Tulis Al-Qur’an ( BTQ )
Kelas/Semester                    :  IX/1
Standar Kompetensi           :  1. Mampu membaca, menulis, dan melapalkan serta memahami kandungan Al-Qur’an pada Surat-Surat Pendek ( At-Infithar-‘Abasa)
Karakter Siswa               :
·         Teliti dalam membaca/memahami materi pembelajaran
·         Kreatif dalam mengembangkan materi pembelajaran
·         Konstruktif dalam membangun konsep
·         Responsif terhadap materi pembelajaran
·         Reflektif sebagai struktur pengetahuan baru yang merupakan pengayaan atau revisi dari pengetahuan sebelumnya

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Indikator
Kegiatan
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/Bahan/
Alat
2.1   Membaca, menulis, malafalkan (menghafal) serta memahami isi kandungan ayat Al-Qur’an Surat Al-Infithar



Qur’an Surat Al-Infithar
    Mampu membaca QS Al-Infithar;
•    Melafalkan  (menghafal) QS Al-Infithar;
•    Menuliskan dan menterjemahkan QS Al-Infithar;
   Menjelaskan hukum bacaan (tajwid)yang terdapat dalam QS Al-Infithar;
    Menunjukan perilaku yang sesuai dengan QS. Al-Infithar

•   Membacakan dan diikuti bersama QS Al-Infithar dengan fasih dan tartil
 •  Melafalkan dengan cara dihafal QS Al-Infithar setiap siswa;
   Menuliskan secara benar QS Al-Infithar di papan tulis;
   Siswa diminta untuk menterjemahkan QS Al-Infithar dengan menyalin pada buku Al-Qur’an dan Terjemahannya;
•   Menjelaskan hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada QS Al-Infithar;
 •  Menjelaskan dan menerangkan isi kandungan yang terdapat dalam QS. Al-Infithar
•  Tes lisan;
•  Tes Tulisan;
•  Kuis;
•  Praktek
..x 40’’
   Al-Qur’an dan terjemahnya;
•   Zuz Ama;
•   Buku Tajwid;
   Buku-buku yang relevan

2.2   Membaca, menulis, malafalkan (menghafal) serta memahami isi kandungan ayat Al-Qur’an Surat At-Takwir



Qur’an Surat At-Takwir
    Mampu membaca QS At-Takwir;
•    Melafalkan  (menghafal) QS At-Takwir;
•    Menuliskan dan menterjemahkan QS At-Takwir;
   Menjelaskan hukum bacaan (tajwid)yang terdapat dalam QS At-Takwir;
    Menunjukan perilaku yang sesuai dengan QS. At-Takwir

•   Membacakan dan diikuti bersama QS  At-Takwir dengan fasih dan tartil
 •  Melafalkan dengan cara dihafal QS At-Takwir setiap siswa;
   Menuliskan secara benar QS At-Takwir di papan tulis;
   Siswa diminta untuk menterjemahkan QS At-Takwir menyalin pada buku Al-Qur’an dan Terjemahannya;
•   Menjelaskan hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada QS; At-Takwir
 •  Menjelaskan dan menerangkan isi kandungan yang terdapat dalam QS At-Takwir
•  Tes lisan;
•  Tes Tulisan;
•  Kuis;
•  Praktek
..x 40’’
   Al-Qur’an dan terjemahnya;
•   Zuz Ama;
•   Buku Tajwid;
   Buku-buku yang relevan

2.3   Membaca, menulis, malafalkan (menghafal) serta memahami isi kandungan ayat Al-Qur’an Surat ‘Abasa



Qur’an Surat ‘Abasa
    Mampu membaca QS ‘Abasa;
•    Melafalkan  (menghafal) QS‘Abasa;
•    Menuliskan dan menterjemahkan QS‘Abasa;
   Menjelaskan hukum bacaan (tajwid)yang terdapat dalam QS‘Abasa;
    Menunjukan perilaku yang sesuai dengan QS. ‘Abasa

•   Membacakan dan diikuti bersama QS ‘Abasa dengan fasih dan tartil
 •  Melafalkan dengan cara dihafal QS ‘Abasa setiap siswa;
   Menuliskan secara benar QS ‘Abasa di papan tulis;
   Siswa diminta untuk menterjemahkan QS ‘Abasa dengan menyalin pada buku Al-Qur’an dan Terjemahannya;
•   Menjelaskan hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada QS‘Abasa;
 •  Menjelaskan dan menerangkan isi kandungan yang terdapat dalam QS. ‘Abasa
•  Tes lisan;
•  Tes Tulisan;
•  Kuis;
•  Praktek
..x 40’’
   Al-Qur’an dan terjemahnya;
•   Zuz Ama;
•   Buku Tajwid;
   Buku-buku yang relevan





Mengetahui
Kepala Madrasah,




Oman Suparman, S. Ag, M. Pd. I
NIP. 19610831 988031 0 004
Cisontrol,  Juli 2012
Guru Mata Pelajaran,




Toni Faturokhman, S. Pd. I