Tuesday, March 26, 2013

Manusia: Makhluk Paling Indah dan Berderajat Paling Tinggi


Manusia adalah ciptaan Tuhan yang paling indah dan paling tinggi derajatnya. Manusia diciptakan untuk menjadi khalifah atau pemimpin di bumi, atau kiranya di seluruh semesta ciptaan Tuhan. Apakah artinya predikat “paling indah” dan “paling tinggi” itu? Hakikat keindahan artinya rasa senang dan bahagia. Dengan demikian, predikat paling indah untuk manusia dapat diartikan bahwa tiada sesuatu ciptaan Tuhan yang menyamai keberadaan manusia yang mampu mendatangkan kesenangan dan kebahagiaan di mana pun dan pada saat apa pun, baik bagi dirinya sendiri, maupun makhluk lain.
Keindahan manusia berpangkal pada diri manusia itu sendiri. Diri manusia memang indah, baik fisiknya, maupun dasar-dasar mental dan kemampuannya. Tingkah laku dan karya-karya manusia pun indah sepanjang tingkah laku dan karya-karyanya itu dilandasi oleh keindahan fisik dan dasar-dasar mental serta kemampuannya itu.
Lihatlah keadaan fisik manusia, “seburuk-buruknya” keadan fisik seseorang masih jauh lebih baik atau lebih indah daripada seekor binatang yang paling cantik sekalipun. “Indah” di sini dimaksudkan bukan semata-mata dari segi bentuk atau wujud penampilannya, tetapi lebih lagi dari segi maknanya.
Seorang manusia dan seekor burung sama-sama mempunyai mata, tetapi mata manusia memiliki makna jauh lebih luas, lebih tinggi, dan lebih kompleks, dan lebih komplit. Fungsi mata burung pada dasarnya hanya untuk melihat benda-benda di sekitarnya dalam radius amat terbatas, namun mata manusia, selain untuk melihat benda-benda di sekitarnya, juga mempunyai fungsi-fungsi lain yang apabila dikombinasikan dengan upaya pembudayaan akan mampu menghasilkan karya-karya yang luar biasa, dalam bidang ilmu, teknoogi, dan seni.